Cara Berpenampilan Diri

Label:

Penampilan Diri

Penampilan diri (grooming),  sangat penting dalam kehidupan sehari-hari,  apalagi bagi yang bekerja  sebagai tenaga pelayanan, seperti pegawai negeri, pelayan toko, tenaga penjualan, kalangan eksekutif bisnis, dan lain-lain, mereka tentu saja perlu berpenampilan serasi dan menarikApakah grooming atau penampilan serasi itu? Secara harfiah, grooming artinya penampilan diri seseorang. Grooming dalam pelayanan prima adalah penampilan diri dari tenaga pelayanan, sales, sekretaris, atau pedagang waktu bekerja memberikan pelayanan kepada kolega dan pelanggan.
Setiap orang yang berjiwa normal tentu ingin selalu tampil serasi dan menarik agar disukai oranglain. Penampilan serasi mencerminkan kepribadian orangnya. Orang yang berpenampilan serasi dan menarik akan dinilai sebagai orang yang berkepribadian baik sedangkan sebaliknya, orang yang kurang memperhatikan penampilannya akan dinilai sebagai orang yang berkeprbadian kurang baik.
Warna dan corak busana, dandanan, gaya berjalan, cara makan dan minum merupakan  unsur penting dalam penampilan serasi. Penampilan yang serasi akan memberikan kesan positif kepada orang lain. Oleh karena itu, penampilan diri secara serasi dan menarik perlu diperhatikan oleh tenaga penjualan. Selain itu, penampilan diri yang serasi sedapat mungkin diselaraskan dengan nilai – nilai kendahan dan tata karma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.
Ada pun prinsip – prinsip yang harus diperhatikan dalam berpenampilan serasi adalah sebagai berikut.:
1.      BERSOLEK DAN BERHIAS WAJAH  SEWAJARNYA
Cara bersolek dan berhias perlu diperhatikan agar penampilan kita serasi dan menarik, serta tidak terkesan norak atau seronok. Bersolek hendaknya tidak berlebihan. Hindari penggunaan kosmetik secara berlebihan. Bersolek untuk pergi ke tempat kerja, ke sekolah, atau ke pesta tentu saja tidak lah sama. Bersolek untuk pergi ke tempat kerja, dan ke sekolah hendaknya sekedarnya saja. Kurang pantas seorang wanita atau remaja memakai kosmetik secara berlebihan. Sebab hal itu akan menimbulkan kesan seolah – olah tidak tahu tata karma berdandan.
Menggunakan perhiasan pun hendaknya tidak berlebihan agar tidak menimbulkan seolah-olah etalase berjalan, jika memakai perhiasan emas berlebihan tentu akan memicu timbulnya tindak kejahatan, tidak jarang wanita yang menggunakan perhiasan emas menjadi korban pencurian dengan kekerasan.

2.      BERBUSANA SECARA RAPI ( WELL GROOMED )

Well groomed adalah istilah bahasa Inggris yang digunakan untuk menggambarkan orang yang berbusana resmi dan menarik. Berbusana resmi dan menarik ( personal appearance ) tentu harus sesuai dengan etiket dan tata karma pergaulan di masyarakat.
Berikut ini diuraikan pakaian resmi menurut tata cara berbusana internasional.
Pakaian setelan lengkap
Pakaian setelan lengkap terdiri atas pantalon, jas, dan dasi. Pada pagi hari tidak memakai warna hitam tetapi warna light colour.

Pakaian resmi ( black tie )
Pakaian resmi ( black tie ) terdir atas celana hitam, kemeja putih, dasi kupu – kupu hitam, kaos kaki hitam, dan sepatu hitam. Di Amerika serikat atau di Negara – Negara barat untuk beberapa nusim dipakai black tie. Di Indonesia, masalah pakaian resmi sangat fleksibel dan agak luwes , sehingga tidak selalu berpakaian resmi.

Dark Suite
Berbusana dark suit dianggap pakaian resmi untuk budaya Indonesia. Pakaian jenis ini dapat digunakan untuk pakaian sehari – hari. Pada acara kenegaraan para pejabat boleh memakai setelan kemeja batik, yang penting sopan.

3.      UKURAN KETAMPANAN DAN KECANTIKAN
Ketampanan seorang pria sebenarnya lebih ditentukan oleh sifat kepribadian yang penuh wibawa, tanggung jawab, percaya diri, siap melindungi, sikap sportif atau kesatria, kepekaan rasa, dan sikap rela berkorban.
Kecantikan seorang wanita juga tidak ditentukan oleh parasnya yang cantik dan bukan pula karena tubuhnya yang molek. Kecantikan seorang wanita sangat ditentukan oleh sifat – sifat kepribadiannya yang baik, seperti jujur, setia, ramah, halus, tutur katanya, sensual, feminin, percaya diri keibuan dan mandiri.
Dengan demikian, ketampanan atau kecantikan tidak menjamin seorang laki – laki atau perempuan tampil menarik. Bahkan tanpa bersolek atau berhias pun akan tampil cantik dan menarik jika memiliki sifat – sifat pribadi yang baik. Oleh karena itu, kita perlu memperbaiki atau menghilangkan sifat – sifat kepribadian yang kurang baik agar dapat tampil menarik.

referensi :
Rosidah, Ambar TS. 2005. Menjadi Sekretaris Profesional & Kantor yang Efektif. Yogyakarta: Gava Media





1 komentar:

  1. The game is not rigged - youtube - videodl.cc
    The game is not rigged - youtube - videodl.cc: This video is not rigged. The game is not rigged. The game is not rigged. The game is not rigged. The game is not youtube to mp3 android rigged.

    BalasHapus

 
Komunikasi © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter